Pada Perkembangannya, komputer sudah menjadi kebutuhan di era sekarang
ini. Semua hal dapat dilakukan oleh system yang ada pada komputer. Nah
disini saya akan memberikan penjelasan mengenai perkembangan system
informasi dan/atau perangkat lunak.
Pengembangan system/perangkat
lunak lebih merupakan kerja kelompok (team work) dimana untuk itu
dibutuhkan sarana komunikasi antaranggoa kelompok. Saat inilah orang
mulai merancang metode-metode yang berfungsi mentransformasikan ide-ide
dari seseorang kepada seseorang yang lainnya demi keberhasilan proyek
mereka.
Sampai beberapa tahun yang lalu, pendekatan serta metodologi
terstruktur adalah pendekatan yang terbaik dalam usaha mengembangkan
system informasi dan/atau perangkat lunak. Tapi, keinginan dan harapan
pengguna serta teknologi berkembang lebih jauh sehingga pendekatan
metodologi terstruktur tidak cukup memadai untuk mengembangkan perangkat
lunak dan/atau system informasi yang berbiaya relatif rendah, sesuai
dengan kebutuhan dan harapan pengguna. Oleh karena itu, saat ini
(tepatnya awal 1990-an) para pengebang lebih menyukai pendekatan dengan
metodologi berorientasi objek (Object Oriented Programming – OOP ) yang
memberikan hasil jauh lebih baik dibandingkan dengan pendekatan
terstruktur.
OOP adalah suatu cara baru dalam berfikir serta
berlogika dalam menghadapi masalah-masalah yang akan diatasi dengan
bantuan komputer. OOP tidak seperti pendahulunya (pemrograman
terstruktur), mencoba melihat permasalahan lewat pangamatan dunia nyata
dimana setiap objek adalah entitas tunggal yang memiliki kombinasi
struktur data dan fungsi tertentu. Ini kontras dengan pemrograman
terstruktur dimana struktur data dan fungsi didefinisikan secara
terpisah dan tidak berhubungan secara erat.
Setelah kita tahu apa
itu OOP, sekarang kita simak apa itu objek?objek itu apa sih??. Objek
adalah konsep atau abstraksi tentang sesuatu yang memiliki arti bagi
aplikasi yang akan kita kembangkan. Objek biasanya adalah kata benda,
namun objek dalam konteks OOP disini bukan hanya objek nyata yang bisa
diraba dan dilihat secara kasat mata seperti Anda, Saya, mobil, motor,
pesawat, kuda, kerbau, buku, pensil, handphone, dll, namun juga
menyangkut entitas-entitas konseptual seperti rumus persamaan
kuadrat,liberalism, marxisme, dsb. Selain itu juga mengenali konsep
identitas dimana menurut Khoshafian (1995) (dikutip dari buku Object
Oriented Modeling And Design tulisan Rumbaugh, dkk) definisinya adalah
sebagai berikut “identitas adalah sesuatu yang membedakan suatu objek
dari objek lainnya”.
Menurut Ali Bahrami,1999 , objek digolongkan enjadi beberapa kategori sebagai berikut :
1. Objek Konsep
Adalah
ide atau pemahaman yang kita miliki tentang suatu fakta yang ada di
dunia nyata. Objek konsep tidak terukur tetapi sering digunakan untuk
mengorganisasi aktivitas bisnis atau untuk berkomunikasi. Contoh :
Kinerja.
2. Objek Event
Adalah sebuah titik dalam waktu yang
harus direkam. Sesuatu terjadi, selalu terjadi pada waktu tertentu baik
sebaga event tunggal maupun sebagai bagian dari urutan event. Event
adalah pertanyaan-pertanyaan seperti kapan,siapa,apa,dimana,bagaimana,
atau mengapa. Contoh Pendaratan, Interupsi dan Pemesanan.
3. Objek Organisasi
Adalah
kumpulan orang-orang, sumberdaya, fasilitas-faslitas, atau kelompok
yang dimiliki pengguna. Contoh : Departemen Akuntansi, Departemen Riset
dan Pengembangan , dsb.
4. Objek Manusia
Adalah objek yang
menampilkan peran-peran yang berbeda dalam hubungannya dengan
sistem/perangkat lunak yang kita kembangkan. Menurut Coad & Yourdan
objek manusia terbagi menjadi 2 kategori yaitu pengguna yang
berinteraksi dengan system dan orang-orang yang tidak menggunakan system
tetapi informasi tentang orang-orang ini dipelihara oleh system. Contoh
: Klien, Karyawan, Direktur, Dosen serta Manager.
5. Objek Tempat
Adalah objek yang meliputi lokasi fisik yang harus dicatat dalam system. Contoh : Gedung, Toko, Kantor,dsb
6. Sesuatu Yang Terukur Serta Objek Peralatan
Adalah
objek ini meliputi objek fisik serta kelompok objek yang terukur serta
peralatan-peralatan yang berinteraksi dengan system yang kita
kembangkan. Contoh : Mobil adalah sesuatu yang terukur sedangkan sensor
tekanan adalah peralatan.
Satu hal yang harus kita ingat
bahwa setiap objek adalah nyata dan dapat dibedakan satu dari yang
lainnya. Sekalipun 2 objek bernama sama, namun ia tetap dapat
dipisahkan. Walaupun objek itu kembar tapi kita tetap bisa membedakannya
dari satu individu terhadap individu lainnya. Contoh objek kembar,
sesuatu yang membedaknnya dalah namanya, sehingga objek yang satu
memiliki identitas yang berbeda dengan yang lainnya.
Semoga bermanfaat !!
The Biggest Changes in Casino Gambling Industry | Dr.MCD
ReplyDeleteOnline gambling has 경상북도 출장안마 exploded. The rise 영천 출장샵 in online gambling is coming from 강릉 출장안마 the creation 경상북도 출장안마 of online betting sites. 제주 출장안마 That is why many new