Objek adalah
kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas dan mempunyai
nilai tertentu yang membedakan entitas tersebut.Pengertian berorientasi
objek berarti pengorganisasian perangkat lunak sebagai kumpulan dari objek
tertentu yang memiliki struktur data dan perilakunya.
Setiap objek mempunyai identitas yang dapat diukur dan
memiliki nilai yang bertujuan untuk membedakan entitas antara satu objek dengan
objek lain. Pada objek terdapat sifat konkrit yang melekat pada identitas objek
tersebut yang berfungssi untuk membedakan setiap objek walaupun nilai
atributnya hampir sama atau identik.
Objek yang terbagi dalam atribut, operasi, metode, hubungan,
dan makna yang sama akan membentuk sebuah kelas yang merupakan wadah bagi objek
yang dapat digunakan untuk menciptakan objek, atau dengan kata lain suatu kelas
objek menggambarkan kumpulan dari objek yang mempunyai sifat (atribut),
perilaku umum (operasi), relasi umum dengan objek lain dan semantik umum.
Fungsi kelas objek adalah mengumpulkan data (atribut) dan perilaku (operasi)
yang mempunyai struktur data sama ke dalam satu grup.
Beberapa istilah yang berhubungan dengan objek antara lain :
Atribut
Atribut menggambarkan data yang dapat memberikan informasi mengenai
kelas atau objek dimana atribut tersebut berada.
1. Metode
Metode adalah subprogram yang tergabung dalam objek bersama
– sama dengan atribut. Metode dipergunakan untuk pengaksesan terhadap data yang
terdapat dalam objek tersebut.Sering juga disebut sebagai procedure atau
function.
2. Message
Message merupakan cara untuk berhubungan antara satu objek
dengan objek lain dengan cara mengikirimkan pesan oleh suatu objek kepada objek
tertentu.
3. Operasi
Fungsi di dalam kelas yang dikombinasikan ke bentuk tingkah
laku kelas suatu objek.
Metodologi Berorientasi Objek
Dalam dunia pemodelan, metodologi implementasi obyek
walaupun terikat kaidah-kaidah standar, namun teknik pemilihan obyek tidak
terlepas pada subyektifitas software analyst & designer. Beberapa obyek
akan diabaikan dan beberapa obyek menjadi perhatian untuk diimplementasikan di
dalam sistem. Hal ini sah-sah saja karena kenyataan bahwa suatu permasalahan
sudah tentu memiliki lebih dari satu solusi.Ada 3 (tiga) teknik/konsep dasar
dalam OOA/D, yaitu pemodulan (encapsulation), penurunan (inheritance) dan polymorphism.
a. Pemodulan (Encapsulation)
Encapsulation merupakan dasar
untuk pembatasan ruang lingkup program terhadap data yang diproses. Data dan
prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek, sehingga prosedur
atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya. Dan data terlindung dari
prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada dalam objek itu sendiri.
b. Penurunan (Inheritance)
Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari
objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut
dan metode dari objek dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian
seterusnya.Inheritance mempunyai arti bahwa atribut dan operasi yang dimiliki
bersama di antara kelas yang mempunyai hubungan secara hirarki.Suatu kelas
dapat ditentukan secara umum, kemudian ditentukan spesifik menjadi
subkelas.Setiap subkelas mempunyai hubungan atau mewarisi semua sifat yang
dimiliki oleh kelas induknya, dan ditambah dengan sifat unik yang
dimilikinya.Kelas Objek dapat didefinisikan atribut dan service dari kelas
Objek lainnya.Inheritance menggambarkan generalisasi sebuah kelas.
c. Polymorphism
Merupakan konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama
dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda.
d. Abstraksi
Prinsip untuk merepresentasikan dunia nvata yang kompleks
menjadi satu bentuk model yang sederhana dengan mengabaikan aspek-aspek lain
yang tidak sesuai dengan permasalahan.
e. Reusabilily
Pemanfaatan kembali objek yang sudah didefinisikan untuk
suatu permasalahan pada permasalahan lainnva yang melibatkan objek tersebut.
f. Generalisasi dan Spesialisasi
Menunjukkan hubungan antara kelas dan objek yang umum dengan
kelas dan objek yang khusus.
g. Komunikasi Antar Objek
Komunikasi antar objek dilakukan lewat pesan (message)
yang dikirim dan satu objek ke objek lainnya.
makasih sudah sharew
ReplyDeletesolder uap